Perlunya Kebangkitan Pertanian di Indonesia dengan Mekanisasi Pertanian


Banyak orang menunggu dengan hadirnya kebangkitan pertanian di Indonesia, kapan kita bisa swasembada?kapan indonesia tak perlu impor?kapan kita menjadi negara mandiri dalam permasalaha pangan?.  Kita tak pernah sadari bahwa kebangkitan pertanian semakin menurun karena tidak adanya kebanggaan pada bidang pertanian.  Tidak usah berbicara masalah impor, swasembada, atau krisis pangan!! yang dibicarakan adalah bagaimana masyarakat bisa bangga dengan produk pertanian sendiri!!

Pengolahan sawah menggunakan Traktor Tangan

Mungkin banyak orang kota tak menyadari pemuda-pemuda yang berada di pedesaan tidak lagi senang dengan pekerjaan ayahnya sebagai petani dahulunya, mereka pada pergi untuk mengikuti gaya atau trend pemuda kota, apakah ada yang salah? mungkin kah kebanggaan ini turun menerus?.  Sebagai pemuda kota kadang cuek dengan keadaan desa pertanian, mereka menganggap pertanian itu seolah-olah  kuno.  Bila kita mengingat bahwa bung Karno menyerukan agar pemuda Indonesia bangga dengan pertanian karena pertanian adalah hidup dan mati suatu negara.  Bayangkan bila pertanian Indonesia mulai lumpuh karena ketidak-pedulian pemuda indonesia, mungkin tak lama negara ini miskin.  Bisa kita liat negara Brasil yang makmur akan pertanian, negara Brasil bisa maju karena pertaniannya.

Mungkin ada benarnya bahwa pertanian di Indonesia masih kuno, karena sebagian besar menggunakan alat tradisional.  Emang tradisi pertanian di Indonesia kuat dengan alat-alat jaman dahulu, tapi tak selamanya pemikiran tersebut harus dipertahankan.  Kita perlu adanya perubahan dalam pertanian terutama dalam pengembangan teknologi pengolahannya salah satunya era-Mekanisasi Pertanian.  Mekanisasi pertanian disini adalah bagaimana kita menggunakan waktu dan tenaga yang efisien untuk mendapatkan hasil yang maksimum dalam mengolah suatu sektor pertanian terpadu  menggunakan mesin-mesin.  Emang awalnya berat dalam merubah kebiasaan, tapi apa salahnya bila merubah kebisaan dilakukan karena dibisakan dan dibiasakan.  Orang Indonesia adalah orang yang memiliki kompetensi dalam bersaing, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk merubah diri untuk menjadi yang lebih baik.

Penanaman bibit padi menggunakan transplanter

Pemerintah sangatlah perlu dalam mendukung dalam kebangkitan pertanian, negara Indonesia memiliki maslah yang bisa dibilang kompleks.  Permasalahan di Indonesia yang sekarang ini adalah Ekonomi!. kenapa ekonomi? mungkin serangkaian kegiatan baik itu korupsi, kenaikan harga, subsidi, dan lain-lain adalah kompleks untuk diselesaikan.   Sebagai pemuda Indonesia saya tidak pernah berpikir bahwa Indonesia akan hancur karena Indonesia masih punya waktu.  Banyak negara pertanian yang bisa membangkitkan ekonomi karena sektor pengembangan pertanian yang terpadu.  Bagaimana itu bisa terjadi? mereka telah menerapkan  era-mekanisasi pertanian dengan bantuan pemerintah.

Sangat sulit untuk mengembangakan pertanian dengan menggunakan sistem mekanisasi karena harga alat dan kebutuhan petani tidak sebanding, sehingga banyak petani lebih memilih membeli motor dibandingkan alat-alat pertanian, seperti : traktor.  Apakah subsidi dalam sektor pertanian hanya sedikit?apakah petani pernah merasa makmur? apakah pemerintah hanya memanfaatkan petani?.  Saya belum pernah mendengar dalam kampanye untuk mensejahterakan petani Indonesia.  Sangat miris sekali bila petani Indonesia tidak sejahtera,  padahal kita bisa hidup di negara ini karena petani-petani tersebut.  Bagaimana ingin mengembangkan sektor pertanian bila melihat petani belum makmur, ayo pemerintah turut mensejahterakan petani.

Penyiram dan penanganan herbisida menggunakan boom sprayer

Banyak hal yang perlu diusahakan dalam pengembangkan sektor pertanian terutama dalam penerapan sistem mekanisasi pertanian.  Ayo kita bisa melakukan ini! Dahulu kita bangga bisa mengusir penjajah dari Indonesia, dan sekarang kita harus bisa mengusir kemiskinan di Indonesia! Negara tidak bisa bangkit tanpa adanya pemuda yang penuh jiwa semangat alam berjuang dan pemuda pun tidak bisa berjuang tanpa adanya pemerintah yang bijak, kita bisa bila bersama!  Ayo kita majukan pertanian Indonesia dengan mekanisasi. Dengan mekanisasi pertanian tidak ada lagi kata “kuno” dalam pertanian dan kita bisa bangga dengan profesi sebagai petani.  Selain itu dengan mekanisasi pertanian kita bisa menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas, sehingga masyarakat bisa bangga akan produk pertanian dalam negeri!

2 thoughts on “Perlunya Kebangkitan Pertanian di Indonesia dengan Mekanisasi Pertanian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s