All about me,


Magenta 45 mungkin hanya sebuah nama  di mata teman-teman teknik pertanian (agricultural engineering) Institut Pertanian Bogor angkatan 45.  Mungkin tidak semua tahu tentang magenta karena di nama ini banyak hal yang tidak bisa diungkapin dengan kata-kata.   Disini mungkin hal yang tepat untuk mengisahkan bagaimana arti sebuah nama “Magenta 45”.

Magenta adalah nama yang simpel dan didapatkan tanpa ada persiapan.  Nama magenta dibuat untuk memberikan semangat kepada teman-teman teknik pertanian 45, magenta mengandung arti warna merah yang merupakan warna semangat fakultas Teknologi Pertanian.  Kepanjangan magenta adalah “marvelous of agricultural engineering talent”, sengaja dibuat makna dengan bahasa inggris berharap bisa mendunia (haha..).  Marvelous yang artinya keajaiban atau kehebatan, agricultural engineering merupakan nama departemen, talent berarti talenta atau kemampuan.  Bila semua digabung mengandung arti sebuah “Keajaiban dari talenta teknik pertanian angkatan 45”.  Nama adalah sebuah do’a, dari nama ini berharap akan adanya keajaiban dari talenta teman-teman teknik pertanian 45 yang bisa membuat kebersamaan dimanapun dan kapanpun.   Talenta teman-teman 45 banyak sekali dari yang simple hingga yang hebat, namun dari yang simple tersebut bisa menjadi talenta yang hebat di magenta ini.

Dengan adanya nama tersebut teknik pertanian 45 banyak memiliki cerita-cerita yang kadang bisa membuat kecewa, haru, bangga, dan bahagia bila dikenang.  Berawal dari cerita awal masuk kampus di teknik pertanian pada tahun 2009, disitu ada kegiatan kumpul-kumpul yang mungkin banyak teman yang menganggap itu tidak penting. Namun tak disangka disitu adalah awal pintu masuknya teknik pertanian 45, acara ini merupakan pemilihan leader dari angkatan teknik pertanian 45.  Siapapun nama leadernya itu tak penting disebutkan disini (hehe..), namun dengan adanya leader ini Magenta bisa menjalani hari-harinya dengan warna-warni.   Leader disini terdiri dari komandan tinggi kelas (komti) dan ketua angkatan (kentang).  Komti banyak bertugas dalam kegiatan akademik dan kentang bertugas dalam kegiatan kebersamaan angkatan. Kesimbangan komti dan kentang sangat dibutuhkan dalam memimpin angkatan ini.

Magenta memiliki banyak orang-orang bertalenta  dan karakter yang berbeda-beda didalamnya, butuh waktu untuk menyatukan dalam sebuah kelompok.  Cara untuk bisa menyatu di magenta adalah berani gila dan gaul! (hehe..).  Konyol tapi nyata kita disatukan oleh sebuah lapangan voli dekat himpunan.   Kelakuan aneh pertama kali yang dimiliki orang-orang Magenta adalah sesudah kuliah main voli walaupun panas terik matahari sangat menyengat di siang hari, semua pada merapat ke belakang himpunan untuk melepas penat di kuliah.  Tidak semua orang main ada juga yang hanya menonton hingga permainan pun habis.  Kejadian ini dirasakan hingga akhir semester 3 berakhir.  Selain itu kelakuan yang suka dilihat adalah suka nongkrong di kantin belakang yaitu PAU(walaupun kantin ini sudah dirobohkan tapi ini sejarah juga).  Kelakuan -kalakuan ini yang membuat magenta selalu bersama-sama walaupun kegiatannya simple.

Disaat bulan puasa magenta telah membuat kegiatan yang mungkin heboh sendiri (haha..).  Pertama kali masuk di area kampus, kita sudah berani mengadakan acara besar-besaran yang mungkin orang pikir “songoong banget ni adek kelas”.   Acara ini adalah buka puasa yang disebut RAKSA “Reuni akbar dan buka puasa bersama”, dengan nama ini kita berharap banyak yang akan datang untuk menghadiri acara ini.   Dengan kebersamaan dan keseriusan teman-teman magenta, acara ini berjalan dengan baik dan lancar hingga senior pun memuji acara ini sangat baik dan mantap!, sebagai yunior kita saat itu bangga (haha..).  Selanjutnya di bulan puasa pun ada acara lain yang dibuat yaitu Sahur on the Road (SOTR magenta) yang merupakan acara bakti sosial di bulan puasa.  Acara adalah berjalan-jalan sambil beramal, mungkin simple acaranya tapi sangat mengesankan untuk dikenang.  Di bulan puasa tahun depannya magenta melakukan aktifitas yang sama dengan versi yang berbeda-beda, bila tahun pertama buka puasa dilakukan besar-besaran, pas tahun kedua dilakukan hanya untuk angkatan.

Magenta bisa bersama karena akedemik, banyak teman-teman magenta yang merasa tersesat dijalan yang benar saat masuk ke dunia teknik pertanian.  Disanalah banyak teman berfikir untuk belajar bersama-sama, setiap semester selalu diadakan adanya kerja kelompok dan belajar bareng untuk persiapan ujian.  Dari kegiatan itu teman-teman merasakan kebersamaan yang dalam berkelompok, serta saling mengajarkan kepada teman yang lain.  Walaupun simple tapi ini sangat berarti dalam kebersamaan, kita bisa bersama karena kita sering melakukan sesuatu hal kecil bersama-sama.

Disela-sela liburan magenta pun sering mengadakan acara yang sangat di-ingat yaitu fieldtrip.   Fieldtrip adalah acara yang dibuat untuk mengakrabkan sekaligus mengenalkan dunia luar teknik pertanian.  Saat di fieldtrip, magenta berjalan-jalan sambil belajar,  tapi malah banyak dijalan saat itu.  Fieldtrip berkunjung ke perusahaan dan perkebunan (United Tractor, Alam Makmur Sembada, Malabar, Dua Kelinci, Pura Baru Utama,dan Quick), dan rutenya dari Bogor-Jakarta-Bekasi-Malabar-Bandung-Pati-Yogyakarta.   Dengan adanya fieldtrip kita bisa belajar dari luar untuk mengembangkan diri untuk bisa siap di dunia kerja.

Selain fieldtrip ada juga kegiatan lain yang gak kalah seru yaitu MAKRAB (Malam Akrab).  Mungkin orang banyak mengatakan bahwa makrab itu berbau dengan malam bebas!! tapi di magenta, makrab dibuat berbeda.  Makrab adalah malam buat mengakrabkan semua orang-orang di magenta.  Semua berusaha untuk bisa bersama, karena dengan kebersamaan kita bisa merasa tenang.

Banyak hal yang mungkin tidak bisa dijelaskan disini!, magenta sangat berkesan hingga akhir, semua merasakan kebersamaan dan kebanggaan.   Semoga magenta tak pernah hilang dari pikiran teman-teman.

2 thoughts on “All about me,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s